Contoh dan Cara Membuat Bisnis Plan

Apa Itu Definisi Rencana Bisnis atau Business Plan?

Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja.

Mengapa Perlu Membuat Bisnis Plan

Untuk memulai sebuah bisnis, kamu membutuhkan sebuah blueprint tertulis yang menggambarkan ide bisnis secara keseluruhan. Kebutuhan ini bisa dalam rangka menggaet investor (pemodal) ataupun untuk memudahkan pengembangan bisnis kamu sendiri ke depannya.

Whatsapp 085726028468 https://digital.siore.id/

Apa Dasar-Dasar Rencana Bisnis atau Business Plan?

Apa saja yang perlu ditulis atau harus ada dalam sebuah rencana bisnis atau business plan. Berikut ini Penulis akan menyertakan beberapa hal yang harus ada. Penjelasan detil dari masing-masing bagian akan dibahas pada artikel berikutnya.

how to write a business plan

Yang Harus Ada dalam Bisnis Plan

Ada beberapa poin yang perlu dimuat dalam sebuah bisnis plan, berikut daftar serta halaman refensi untuk setiap bagian dalam bisnis plan.

Ringkasan eksekutif (executive summary). Tulisan ini berisi overview perusahaan secara garis besar dan harus merangkum semua poin krusial dalam bisnis plan. Panjang tulisan biasanya hanya 1 sampai 2 halaman.

Bab Pendahuluan. Pendahuluan biasanya menjadi bab paling awal dari sebuah proposal rancangan usaha. Pada bagian ini, kamu perlu menjelaskan latar belakang, visi dan misi, serta sasaran dari bisnis yang mau kamu jalankan.

Peluang bisnis. Di bagian ini, kamu harus menjelaskan secara gamblang apa masalah, solusi serta keunggulan dari ide bisnis yang Anda tawarkan. Tidak lupa juga kamu harus me-mention segmen pasar dari bisnis kamu.

Eksekusi bisnis. Semua aktivitas mulai dari bagaimana strategi pemasaran kamu, cara menjual produk, serta mengelola usaha itu sendiri. Sederhananya, apa cara yang kamu tawarkan agar ide kamu bisa diuangkan.

Komposisi tim. Walau tidak semua, tapi sebagian besar investor merasa penting untuk tahu latar belakang serta keahlian khusus dari tim yang ada dalam bisnis kamu.

Proyeksi keuangan. Pada bagian terakhir, kamu perlu untuk mencantumkan preyeksi atau forecasting finansial perusahaan. Bagian ini cukup krusial mengingat investor butuh angka tentang berapa keuntungan serta modal awal yang dibutuhkan.

Contoh Bisnis Plan

Sebagaimana halnya ilmu bisnis dan sosial, cara pembuatan bisnis plan atau proposal bisnis bukanlah sesuatu yang saklek dan kaku. Anda perlu banyak membaca serta memperkaya pengalaman agar dapat membuat rancangan usaha yang baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Tetap berhubungan

Tempat saya dan kawan-kawan siore berbagi informasi, pengalaman dan pengetahuan. Bagi kalian yang ingin belajar disinilah tempat yang tepat.

Artikel Terkait